Hubungan Minat Menjadi Guru dengan Hasil Belajar Mata Kuliah MPB Bidang Kependidikan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2008 FT UNP

Arif, Ahmad (2012) Hubungan Minat Menjadi Guru dengan Hasil Belajar Mata Kuliah MPB Bidang Kependidikan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2008 FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_AHMAD ARIF_85220_2012_4647.pdf] Text
final_B1_9_AHMAD ARIF_85220_2012_4647.pdf

Download (966kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan perkuliahan di Jurusan Teknik Otomotif FT UNP. Belum maksimalnya hasil belajar pada mata kuliah perilaku berkarya (MPB) mahasiswa angkatan 2008 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNP, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Minat mahasiswa menjadi guru adalah salah satu faktor dari diri mahasiswa yang dapat mempengaruhi sikap dan motivasi dalam mengikuti perkuliahan. Minat mahasiswa yang tinggi untuk menjadi guru akan memperlancar proses perkuliahan dan menentukan hasil belajar mahasiswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh minat mahasiswa menjadi guru dan hubungannya dengan hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan minat menjadi guru dengan hasil belajar mata kuliah MPB bidang kependidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2008 FT UNP”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat mahasiswa menjadi guru dengan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah MPB bidang kependidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2008 Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNP yang terdaftar pada semester januari – juni 2012 yang berjumlah 72 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 42 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Data minat mahasiswa menjadi guru diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dilakukan tanggal 2 sampai 14 Mei 2012 pada populasi yang berada di luar sampel penelitian. Sedangkan data hasil belajar mata kuliah MPB bidang kependidikan diperoleh dari nilai akhir mahasiswa angkatan 2008 pada semester januari - juni 2012. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,5409 > 0,304) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (4,8346 > 1,648) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat menjadi guru dengan hasil belajar mata kuliah MPB bidang kependidikan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2008 FT UNP

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat menjadi guru, hasil belajar, perilaku berkarya, mahasiswa teknik otomotif, korelasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:01
Last Modified: 20 Aug 2025 08:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22195

Actions (login required)

View Item
View Item