Pranat, Krisna (2018) Hubungan Konsep Diri dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Otomotif Peserta Didik Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_KRISNA_PRANATA_1302754_94_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_KRISNA_PRANATA_1302754_94_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_KRISNA_PRANATA_1302754_94_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang hubungan konsep diri dengan hasil belajar, yang dilatar belakangi pada masalah konsep diri pesera didik terhadap dirinya sebagai seorang peserta didik yang menyebabkan rendahnya hasil belajar
peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara konsep diri dengan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik otomotif
peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Negeri 2 Lubuk Basung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik
Kendaraan Ringan Otomotif pada tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 94 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane untuk menentukan jumlah
sampel, jumah sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang peserta didik. Data konsep diri peserta didik diperoleh melalui angket yang telah dinyatakan valid dan reliabelnya. Data hasil belajar peserta didik diambil dari hasil ujian tengah semester. Jenis analisis data yang digunakan adalah rumus korelasi Product Moment. Hasil dari analisis data diperoleh bahwa konsep diri peserta didik di SMK
Negeri 2 Lubuk Basung, perlu ditingkatkan lagi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik di kelas, angka koefisien korelasi yang didapat ( ) = 0,508 lebih besar dari ( ) = 0,279 dan angka keberartian koefisiensi korelasi dari kedua variabel diperoleh ( ) = 4,7383 lebih besar dari (
) = 2,0106 dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsep diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 07:16 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 07:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22186 |