Pelaksanaan Penilaian Autentik di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang

Wandari, Novia (2017) Pelaksanaan Penilaian Autentik di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_NOVIA_WANDARI_1200829_728_2017.pdf] Text
final_B1_07_NOVIA_WANDARI_1200829_728_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan kegiatan menilai siswa yang menekankan pada apa yang seharusnya dinilai secara nyata, baik proses maupun hasil dengan berbagai instrumen penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi yang ada. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian autentik di Taman Kanak-kanak Assyofa Padang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas B1 dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru dan kepala sekolah mengetahui tentang penilaian autentik, 2) guru melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap dilaksanakan melalui teknik observasi. Penilaian kompetensi pengetahuan dilaksanakan melalui teknik hasil karya. Penilaian kompetensi keterampilan dilaksanakan melalui teknik penilaian unjuk kerja dan penilaian portofolio.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Penilaian, Autentik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:51
Last Modified: 20 Aug 2025 04:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22166

Actions (login required)

View Item
View Item