Chaniago, Candra P. (2013) Hubungan Cara Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Diklat Pemeliharaan/servis Transmisi di SMK Negeri 2 Panyabungan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_CANDRA_P_CHANIAGO_65642_1075_2013.pdf [thumbnail of final_B1_10_CANDRA_P_CHANIAGO_65642_1075_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_CANDRA_P_CHANIAGO_65642_1075_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih banyaknya
siswa yang mendapatkan nilai hasil belajar yang rendah, menurut informasi dari
kantor tata usaha SMK Negeri 2 Panyabungan terdapat sekitar 42 % siswa pada
mata diklat Pemeliharaan/servis Transmisi yang tidak lulus KKM. Berdasarkan
pengamatan yang dilakukan penulis saat melaksanakan Praktek Lapangan
Kependidikan di sekolah tersebut diperoleh gambaran tentang cara belajar siswa
yang kurang efektif, dan siswa hanya mau belajar saat menjelang ujian, untuk
melihat kemungkinan hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa
maka dilakukan suatu penelitian berbentuk korelasional. Melihat gejala tersebut
maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat
hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa pada mata
diklat Pemeliharaan/servis Transmisi di SMK Negeri 2 Panyabungan. Hipotesis
penelitian ini adalah tedapat hubungan yang signifikan antara cara belajar dengan
hasil belajar siswa.
Penelitian menggunakan pendekatan korelasional untuk mengetahui
hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data skunder. Data primer
berupa cara belajar yang diperoleh melalui hasil pengamatan (observasi) kepada
siswa kelas XI SMK Negeri 2 Panyabungan sebagai responden penelitian,
sedangkan data sekunder berupa arsip nilai rapor siswa yang diperoleh dari tata
usaha SMK Negeri 2 Panyabungan.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Otomotif
SMK Negeri 2 Panyabungan yang berjumlah 95 orang. Sampel penelitian ini
sebanyak 49 orang yang ditentukan dengan teknik random sampling. Semua data
primer dikumpulkan melalui hasil pengamatan (observasi) yang dilakukan
sebanyak tiga kali pertemuan. Instrumen dianalisis dengan menggunakan program
Microsoft Office Excel 2007 dan SPSS (Statistic Product And Service Solution)
versi 16,0.
Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien hubungan yang
diperoleh antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat
Pemeliharaan/servis Transmisi sebesar rhitung = 0,317. Hasil ini dikonsultasikan
dengan rtabel dengan N = 49 pada taraf signifikan 5% = 0,281, sehingga diperoleh
rhitung > rtabel (0,292 > 0,281). Dengan demikian hipotesis penelitian ini dinyatakan
diterima dan teruji kebenarannya. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang
signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI pada mata diklat
pemeliharaan/servis transmisi di SMK Negeri 2 Panyabungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 04:15 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 04:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22161 |