Efektivitas Permainan Oray-orayan terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Bhakti Bunda Padang

Amalia, Nova (2017) Efektivitas Permainan Oray-orayan terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak di Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu Bhakti Bunda Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_07_NOVA_AMALIA_1205093_235_2017.pdf] Text
final_B1_07_NOVA_AMALIA_1205093_235_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa kemampuan motorik kasar anak yang belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif permainan oray-orayan terhadap kemampuan motorik kasar di PAUD Terpadu Bhakti Bunda Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperiment. Populasi penelitian adalah murid PAUD Terpadu Bhakti Bunda Padang, berjumlah 46 orang anak terbagi dalam 4 kelas dan teknik pengambilan sampelnya cluster sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masingmasingnya berjumlah 10 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes perbuatan, berupa pernyataan sebanyak 4 butir item pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen dengan permainan oray-orayan adalah 88.125 dan SD sebesar 8.59 sedangkan pada kelompok kontrol dengan permainan ular naga adalah 78.75 dan SD sebesar 7.5. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2.4671 dan ttabel sebesar 2,10092 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 18. Maka dapat disimpulkan penggunaan permainan oray-orayan efektif dalam mengembangkan kemampuan motorik ka

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Permainan, Oray-orayan, Motorik Kasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zikri Ramadhan
Date Deposited: 20 Aug 2025 04:15
Last Modified: 20 Aug 2025 04:15
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22159

Actions (login required)

View Item
View Item