Rahim, Bulkia (2013) Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Diklat Gambar Teknik di SMK Negeri 2 Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_Bulkia_ Rahim_1108109_5090_2013.pdf [thumbnail of final_B1_10_Bulkia_ Rahim_1108109_5090_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_Bulkia_ Rahim_1108109_5090_2013.pdf
Download (304kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa rendahnya hasil
belajar siswa Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2
Solok pada mata diklat Gambar Teknik dan kebanyakan siswa menerapkan cara
belajar yang pasif (acuh tak acuh, suka mengobrol dan enggan memperhatikan
materi pelajaran), monoton, dan kurang keseriusan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan tentang cara, dan hasil belajar serta melihat korelasi dan
kontribusi cara belajar terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini bersifat korelasional, yang bertujuan mengetahui ada tidaknya
hubungan antara cara belajar dengan hasil belajar siswa kelas X kompetensi
keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada mata diklat Gambar Teknik di SMK
Negeri 2 Solok dan Kontribusi cara belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X
kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan pada mata diklat Gambar Teknik
di SMK Negeri 2 Solok. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan tahun masuk 2012/2013 yang
berjumlah 114 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak
54 orang. Data Cara Belajar didapat melalui angket dengan 45 item. Untuk uji
validitas butir angket menggunakan product moment dimana terdapat 37 item
valid dan 8 item tidak valid, sementara untuk uji reliabilitas angket menggunakan
metode Alpha Cronboach dimana semua item dinyatakan reliabel.
Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata diklat Gambar Teknik
Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan berupa arsip nilai semester genap
pada siswa tahun masuk 2012/2013. Uji coba angket dan penelitian dilakukan
tanggal 20 Mei 2013 s/d 20 Juni 2013. Jenis analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment dan
untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dilakukan dengan menggunakan
uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada
populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel
(0,313812 > 0,266) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel
(2,3833 > 2,00) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah
terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil
belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan tahun
masuk 2012/2013 pada mata diklat Gambar Teknik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 03:44 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 03:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22146 |