Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang.

Muliza, Nova Dwi (2014) Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVA_DWI_MULIZA_15833_4554_2014.pdf] Text
final_B1_7_NOVA_DWI_MULIZA_15833_4554_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ditemui di lapangan
bahwa penggunaan media pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan
motorik halus kurang bervariasi dan terbatasnya ketersediaan media yang kreatif
dan menarik dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak, hal ini
disebabkan karena kurangnya kreativitas guru dalam memvariasikan dan
menciptakan media yang menarik dalam kegiatan yang mengembangkan
kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penggunaan media pembelajaran dalam
mengembangkan kemampuan motorik halus anak.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian ini adalah guru
kelompok B3 TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Teknik pengumpulan data
yang di gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
pengabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru membuat perencanaan
penggunaan media sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung yang disesuaikan
dengan tema dan sub tema. Dan guru juga mempertimbangkan karakteristik media
itu sendiri diantaranya tidak membahayakan bagi anak, dan media tersebut mudah
dipahami anak. Pelaksanaan penggunaan media pembelajaran dalam
mengembangkan kemampuan motorik halus disesuaikan dengan perencanaan
yang telah dibuat dan tujuan pembelajaran secara umum. Media yang digunakan
berupa media gambar, contoh hasil karya, lembar kegiatan anak, balok dan papan
tulis. Guru juga membiasakan anak bereksplorasi dengan media. Kemudian guru
selalu melakukan evaluasi terhadap penggunaan media pembelajaran dengan
memperhatikan beberapa aspek yaitu ketepatan media yang digunakan dengan
tujuan pembelajaran, media yang digunakan tersebut dapat mengembangkan
kemampuan motorik halus anak dan media tersebut harus disesuaikan dengan
taraf berfikir anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:44
Last Modified: 20 Aug 2025 03:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22144

Actions (login required)

View Item
View Item