Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Sistem Pendingin Engine Siswa Kelas XI Mekanik Otomotif di SMK Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau

Adil, Khairul (2012) Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Sistem Pendingin Engine Siswa Kelas XI Mekanik Otomotif di SMK Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_KHAIRUL_ADIL_85205_626_2012.pdf] Text
final_B1_09_KHAIRUL_ADIL_85205_626_2012.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis saat melaksanakan Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) di SMK Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau. Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran sistem pendingin engine siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Tanjung Raya, tidak
terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti disiplin belajar.Disiplin belajar adalah salah satu faktor dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Disiplin belajar yang baik akan
membantu proses belajar praktikum dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan oleh disiplin belajar dan seberapa kuat hubungannya terhadap hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun
hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pendingin engine kelas XI Mekanik Otomotif di SMK Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pendingin engine. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Mekanik Otomotif SMK Negeri 1 Tanjung Raya yang berjumlah 46 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari populasi sebanyak 32 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Data
disiplin belajar diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket dilakukan tanggal 13 Desember 2011 sampai dengan tanggal 14 Desember 2011 pada
populasi yang berada di luar sampel penelitian. Sedangkan data hasil belajar mata pelajaran sistem pendingin engine diperoleh dari nilai hasil belajar semester ganjil
tahun ajaran 2010-2011. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan mengunakan uji t
sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada populasi. Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r (0,68 > 0,349) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t (6,93 >1,697) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pendingin engine siswa kelas XI mekanik otomotif di SMK Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:40
Last Modified: 20 Aug 2025 03:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22127

Actions (login required)

View Item
View Item