Peranan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian di Taman Kanak-Kanak Sandhy Putra Padang

Afrilia, Nova (2014) Peranan Guru dalam Mengembangkan Kemandirian di Taman Kanak-Kanak Sandhy Putra Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NOVA_AFRILIA_15821_3754_2014.pdf] Text
final_B1_7_NOVA_AFRILIA_15821_3754_2014.pdf

Download (848kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa di Taman Kanakkanak
Angkasa Lanud Padang, peran guru dalam mengembangkan kemandirian
belum terlaksana dengan baik, guru kurang memberikan pemahaman positif
kapada anak dalam menyelesaikan tugas kolase sehingga anak tidak bertanggung
jawab dengan tugasnya, kurangnya guru memotivasi anak agar dapat
menyelesaikan tugasnya sampai selesai dan kurang maksimalnya guru mendidik
anak terbiasa rapi seperti anak tidak membereskan perlengkapan belajarnya
setelah selesai digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peranan guru dalam mengembangkan kemandirian di Taman
Kanak-kanak Sandhy Putra Padang yang meliputi guru memberikan pemahaman
positif kepada anak, mendidik anak terbiasa rapi, memberikan permainan yang
dapat membentuk kemandirian anak, memberikan anak pilihan sesuai dengan
minat anak, membiasakan anak berperilaku sesuai tata krama dan guru juga
memotivasi anak supaya tidak malas-malasan agar anak mandiri.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk melihat bagaimana
peranan guru dalam mengembangkan kemandirian di Taman Kanak-kanak
Sandhy Putra Padang. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas kelompok
B4 dan B6 di Taman Kanak-kanak Sandhy Putra Padang. Alat pengumpulan data
yang digunakan berupa wawancara, observasi, catatan lapangan, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini secara umum yaitu peranan guru dalam
mengembangkan kemandirian anak melalui 6 cara yaitu memberikan pemahaman
positif pada anak dengan memberikan tanggung jawab agar anak dapat dipercaya,
mendidik anak terbiasa rapi, memberikan permainan yang dapat membentuk
kemandirian anak, memberikan anak pilihan sesuai dengan minatnya,
membiasakan anak berperilaku sesuai tatakrama, dan memotivasi anak supaya
tidak malas-malasan. Yang mana peran guru dalam mengembangkan kemandirian
anak sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2025 03:40
Last Modified: 20 Aug 2025 03:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22124

Actions (login required)

View Item
View Item