Prasetya, Andre (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, UNP.
B1_01_ANDRE_PRASETYA_1101203_1382_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan
pembelajaran matematika. Kemampuan ini sangat diperlukan siswa sebagai bekal
dalam memecahkan masalah matematika dan masalah yang ditemukan dalam
kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, agar siswa memiliki kemampuan
pemecahan masalah yang baik, perlu dirancang pembelajaran yang dapat
meningkatkan minat siswa untuk mencoba dan menyelesaikan permasalahan yang
diberikan. Salah satu pembelajaran matematika yang berorientasi pada
matematisasi pengalaman sehari-hari dan menerapkan matematika dalam
kehidupan sehari-hari adalah dengan Pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik (PMR). Oleh sebab itu, dibutuhkan pengembangan perangkat
pembelajaran berupa RPP dan LKS yang mendukung pelaksanaan pendekatan
pendidikan matematika realistik dan meningkatkan kemampuan pemecahan
masalah.
Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan mengadaptasi model
Plomp yang terdiri dari tahap Preliminary dan Prototyping. Tahap Preliminary
meliputi analisis siswa, analisis struktur isi dan analisis konsep. Prototyping
merupakan tahap untuk merancang perangkat pembelajaran yang terdiri
Prototype 1, Prototype 2 dan Prototype 3. Pada Prototype 1 dilakukan self
evaluation dan expert reviews. Expert reviews diperlukan untuk uji validitas
perangkat pembelajaran. Pada Prototype 2 dilakukan one-to-one evaluation yaitu
memberikan perangkat pembelajaran yang sudah divalidasi kepada tiga orang
siswa dengan kemampuan berbeda. Pada Prototype 3 dilakukan tahap small group
kepada enam orang siswa. Small group dilakukan untuk mengetahui praktikalitas
perangkat pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berupa RPP
dan LKS mempunyai tingkat validitas dengan kategori sangat valid. Hasil angket
dan wawancara menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran mempunyai tingkat
praktikalitas dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan sudah valid dan
praktis.
i
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 06:05 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 06:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/221 |