Hardi, Dollyza (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Permainan Monopoli Pada Materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia Kelas VIII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DOLLYZA_HARDI_05008_1777_2016.pdf [thumbnail of B1_03_DOLLYZA_HARDI_05008_1777_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DOLLYZA_HARDI_05008_1777_2016.pdf
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan dalam proses pembelajaran biologi yang sering muncul adalah pembelajaran biologi sulit dipahami karena jenis media pembelajaran kurang bervariasi, media pembelajaran yang biasa digunakan hanya buku paket yang dipinjam di perpustakaan dan LKS yang dibeli siswa. Pembelajaran yang dilakukan seperti ini akan menimbulkan kejenuhan dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi kurangnya minat dan keinginan siswa SMP untuk belajar, dapat dilakukan dengan cara membuat variasi media pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah media pembelajaran berbasis permainan monopoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan monopoli tentang materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMP yang valid dan praktis.
Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli memiliki beberapa fase yaitu, fase investigasi awal (prelimenary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization /construction), Fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision). Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan karena pengujian media permainan monopoli ini hanya sampai pada uji validitas dan praktikalitas. Rancangan perangkat yang telah didesain, divalidasi oleh empat orang pakar dan kemudian di uji coba secara terbatas di kelas VIII SMP Bunda Padang untuk mengetahui praktikalitas perangkat yang dikembangkan. Data dianalisis secara deskriptif dengan persentase.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka telah dihasilkan permainan monopoli pada materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMP yang valid dan praktis. Hasil validitas yang diperoleh adalah 87.39% dengan kategori valid, dan praktikalitas oleh guru 87,5% dengan kategori praktis dan siswa diperoleh 83,91% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bernuansa monopoli tentang materi sistem peredaran darah pada manusia untuk siswa SMP dinyatakan sangat valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QR Microbiology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:18 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22090 |