Effendi, Junicho (2018) Analisis Penggunaan Penstabil Tegangan (Volatage Stabilizer) Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Sepeda Motor. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_JUNICHO_EFFENDI_55635_1292_2018.pdf [thumbnail of final_B1_09_JUNICHO_EFFENDI_55635_1292_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_JUNICHO_EFFENDI_55635_1292_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Perkembangan teknologi dibidang otomotif yang semakin pesat,
membawa dampak yang signifikan terhadap sektor transportasi, khususnya kendaraan bermotor sebagai salah satu transportasi darat. Jumlah kendaraan bermotor di Indonesia dari tahun-ketahun cenderung meningkat terlebih pada jenis kendaraan sepeda motor. Seiring dengan laju pertumbuhan kendaraan
bermotor ini, maka akan berdampak pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan bahan bakar minyak (BBM). Angka peningkatan kebutuhan masyarakat akan bahan bakar minyak, tidak sebanding dengan angka produksi bahan bakar minyak
dalam negeri, sehingga pemerintah harus melakukan impor BBM untuk menutupi kekurangan yang terjadi. Fenomena tersebut harusnya membuat kita sadar akan pentingnya melakukan penghematan bahan bakar minyak, cara yang paling bijak
adalah dengan menghemat pemakaian bahan bakar pada kendaraan, salah satu alternatifnya yaitu dengan pengoptimalan sistem pengapian. Salah satu cara untuk
mengoptimalkan sistem pengapian adalah dengan pemasangan Voltage Stabilizer berupa XCSR pada kabel tegangan tinggi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu dengan
membandingkan hasil pengujian konsumsi kendaraan saat tidak menggunakan Voltage Stabilizer dan saat menggunakan Voltage Stabilizer. Objek penelitian yang digunakan adalah sepeda motor Yamaha Mio J. Pengujian dilakukan pada
putaran enggine 1800 RPM, 2800 RPM dan, 3800 RPM, masing-masing dilakukan sebanyak 3 x. Teknik analisis data dengan melakukan uji statistik menggunakan rumus t dari lipson (1973: 138) dengan taraf signifikan 5%.
Adapun hasil penghitungan persentase penurunan jumlah konsumsi test bahan bakar ketika menggunakan Voltage Stabilizer adalah sebagai berikut: Pada putaran 1800 Rpm terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 17,05%,
putaran 2800 Rpm terjadi penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 13,87%, Pada putaran 3800 terjadi perbedaan konsumsi bahan bakar sebesar 7,97%, hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan saat menggunakan Voltage
Stabilizer terhadap konsumsi sepeda motor Yamaha Mio J dengan rata-rata nilai penurunan konsumsi bahan bakar sebesar 12,96%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 02:18 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 02:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22089 |