Hubungn Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Program Full Day School Kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Sawahlunto

Nasution, Juanda Syarif (2017) Hubungn Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Program Full Day School Kelas X dan XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_09_JUANDA_SYARIF_NASUTION_97768_1337_2017.pdf] Text
final_B1_09_JUANDA_SYARIF_NASUTION_97768_1337_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan penulis di SMK Negeri 2 Sawahlunto yaitu kurang baiknya motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar program Full Day School kelas X dan XI program keahlian teknik
kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran dan informasi tentang hubungan motivasi belajar
siswa terhadap hasil belajar program Full Day School yang dapat dilihat dari aspek: 1) proses belajar, 2) kegiatan belajar, 3) sikap belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hubbungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar program Full Day School kelas X dan XI program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Sawahlunto dilihat dari aspek: 1) proses belajar, 2) kegiatan belajar, 3) sikap belajar.Jenis penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah seluruh
siswa kelas X dan kelas XI yang terdiri dari X TKR I, X TKR II, XI TKR I dan XI TKR II. Siswa kelas X dan XI TKR yang ada di SMK Negeri 2 Sawahlunto berjumlah 120 orang. Besarnya responden diambil dari sampel berjumlah 55 orang siswa karena penelitian ini merupakan jenis penelitian random sampling. Alat pengumpul data adalah angket dengan model skala Likert yang telah teruji validitas, reliabilitasnya dan korelasi. Selanjutnya data dianalisis dengan
menggunakan rumus nilai rata-rata (Mean).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi
belajar siswa terhadap hasil belajar program Full Day School kelas X dan XI program keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 2 Sawahlunto dilihat dari aspek: 1) Proses belajar berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,7,
2) kegiatan belajar berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,7, 3) sikap belajar berada pada kategori baik dengan skor rata-rata yang sama yaitu 3,7.Kemudian dilakukan uji hipotis penelitian dengan menggunakan teknik korelasi
product moment untuk mencari hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar full day school. dari hasil penelitian diperoleh 4,3167 yang berarti mempunyai hasil yang lebih besar dari dengan perbandingan
siknifikan 5% = 1,671., maka ditolak dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar full day school dengan nilai mid semester siswa memiliki hubungan yang relevan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 20 Aug 2025 01:48
Last Modified: 20 Aug 2025 01:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22087

Actions (login required)

View Item
View Item