Andrico. T, Andrico. T (2013) Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Listrik Elektronika Otomotif Mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Faktultas Teknik Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_ANDRICO_ TOPPRIADY_ 57584_886_2013.pdf [thumbnail of final_B1_10_ANDRICO_ TOPPRIADY_ 57584_886_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_ANDRICO_ TOPPRIADY_ 57584_886_2013.pdf
Download (456kB)
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh tidak optimalnya pemanfaatan
perpustakaan oleh mahasiswa dan masih ditemukannya mahasiswa yang tidak
tuntas dalam perkuliahan Listrik Elektronika Otomotif di Jurusan Teknik
Otomotif pada semester Juli-Desember 2010 sebanyak 23,16%. Tujuan penelitan
ini untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar dengan hasil belajar Listrik Elektronika Otomotif mahasiswa Jurusan
Teknik Otomotif Faktultas Teknik Universitas Negeri Padang. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pemanfaatan
internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar Listrik Elektronika Otomotif
mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Faktultas Teknik Universitas Negeri Padang.
Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
korelasional karena bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara dua
variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Teknik Otomotif
angkatan 2010 yang mengambil mata kuliah Listrik Elektronika Otomotif
semester Juli-Desember 2011. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan
rumus Taro Yamane yang menghasilkan sampel sebanyak 68 sampel dari 215
populasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Proposional
Random Sampling, sementara teknik pengambilan data menggunakan angket
kuesioner dan dokumentasi.
Hasil analisis data diperoleh bahwa pemanfaatan internet sebagai sumber
belajar oleh mahasiswa termasuk dalam kategori Sangat Baik sebanyak 6 orang
(8.8%), kategori Baik 24 orang (35.3%) kategori Cukup 27 orang (39.7%).
Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa mayoritas mahasiswa telah
memanfaatkan internet sebagai sumber belajar dengan baik, akan tetapi tetap perlu
ditingkatkan karena masih ditemukan 10 orang (14.7%) mahasiswa dalam
kategori Kurang dan 1 orang (2.04%) dalam kategori Sangat Kurang, selanjutnya
hasil belajar Listrik Elektronika Otomotif mahasiswa menunjukkan bahwa 16
orang mahasiswa (23.5%) termasuk dalam kategori Sangat Baik, 13 orang
(19.1%) termasuk Baik, 9 orang (13.2%) Cukup dan Kurang 10 orang (14.7%).
Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat 44 orang mahasiswa yang
telah menuntaskan perkuliahannya, namun hal ini perlu ditingkatkan lagi karena
masih ditemukan 20 orang mahasiswa (29.4%) yang tidak tuntas dalam
perkuliahan Listrik Elektronika Otomotif. Hasil analisis data hasil penelitian
diperoleh koefisien korelasi rhitung > rtabel (0.283 > 0.242) dan untuk uji keberartian
korelasi didapat t hitung > t tabel (2.504 > 1.998) pada taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif
dan signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil
belajar Listrik Elektronika Otomotif mahasiswa Jurusan Teknik Otomotif Fakultas
Teknik Universitas Negeri Padang.
i
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena berkat
rahmat dan karuniaNya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul
“Hubungan Pemanfaatan Internet Sebagai
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:36 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22053 |