Ashari, Alberto (2014) Hubungan Suasana Lingkungan Belajar Dalam Kelas Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Motor Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_ALBERTO_ASHARI_06339_642_2014.pdf [thumbnail of final_B1_10_ALBERTO_ASHARI_06339_642_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_ALBERTO_ASHARI_06339_642_2014.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara suasana
lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem
motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang. Rendahnya Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan
SMK Adzkia Padang, tidak terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya.
Suasana lingkungan belajar dalam kelas adalah salah satu faktor yang dapat
mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti pelajaran. Suasana lingkungan
belajar dalam kelas yang baik dalam belajar, akan memperlancar proses belajar
dan menentukan hasil belajar siswa. Untuk melihat gejala yang ditimbulkan dalam
suasana lingkungan belajar dalam kelas dan seberapa kuat hubungannya terhadap
hasil belajar maka penulis mengajukan hipotesis. Adapun hipotesis yang diajukan
adalah sebagai berikut: “Terdapat hubungan yang positif antara suasana
lingkungan belajar dalam kelas dengan hasil belajar siswa pada mata diklat Sistem
Motor kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan antara suasana lingkungan belajar dalam kelas
dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem motor kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang yang
berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak
35 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Data
suasana lingkungan belajar dalam kelas diperoleh dari penyebaran angket. Angket
yang digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba
angket dan penelitian dilakukan tanggal 4 Desember 2013 sampai dengan tanggal
8 Desember 2013. Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk
menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat di uji dengan menggunakan uji t
sehingga akan didapat apakah hasil penelitian dapat digeneralisasikan pada
populasi.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel
(0,3534 > 0,3338) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (2,1699
> 2,0345) pada taraf signifikan 5%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara suasana lingkungan belajar dalam
kelas dengan hasil belajar siswa pada mata diklat sistem motor kelas XI Teknik
Kendaraan Ringan SMK Adzkia Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:35 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22046 |