Pariwisata, Indra (2017) Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Diklat Teknik Dasar Otomotif Kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_09_INDRA_PARIWISATA_1201109_3758_2017.pdf [thumbnail of final_B1_09_INDRA_PARIWISATA_1201109_3758_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_09_INDRA_PARIWISATA_1201109_3758_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Minat belajar adalah kecendrungan individu untuk memiliki rasa senang tanpa adanya paksaan sehingga dapat menyebabkan perubahan pengetahuan,keterampilan dan tingkah laku. Hasil belajar adalah sesuatu yang diperoleh siswa dari usaha belajar yang diukur dengan tes dalam bentuk angka untuk mengukur penguasaan siswa terhadap tujuan pengajaran. Penelitian ini beranjak dari fenomena yang menunjukkan banyaknya hasil belajar yang sangat rendah dari
peserta didik yang terlihat dari hasil ujian mid semester, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah minat belajar siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Subjek penelitian yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah sebanyak 50 siswa kelas X Teknik
Kendaraan Ringan dengan klasifikasi 15 siswa kelas X KR I, 17 siswa kelas X KR II dan 18 siswa kelas X KR III. Alat pengumpul data adalah angket. Data diolah dengan menggunakan Microsoft excel. Teknik analisis data menggunakan:
(1) analisis deskriptif yaitu dengan mencari skor mean, standar deviasi, range skor minimum dan maksimum serta persentase. (2) uji persyaratan analisis yaitu
dengan uji normalitas dan linearitas. (3) pengujian hipotesis statistik yaitu dengan uji korelasi dan uji keberatian korelasi. Temuan penelitian ini yaitu: (1) persentase tingkat pencapaian minat belajar siswa adalah 80 % dan termasuk kategori tinggi. (2) persentase tingkat
pencapaian hasil belajar adalah 77,16 % dan termasuk kategori cukup baik. (3) hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar yaitu dengan klasifikasi harga
r hitung > r tabel (0.306 > 0.279), dengan arti kata terdapat hubungan cukup kuat (0,306) antara keduanya yang berarti. Dengan keberatian t hitung 2,226 > t tabel
2.009, Berdasarkan temuan penelitian ini diharapkan kepada sekolah agar dapat meningkatkan minat belajar guna membantu membaikkan hasil belajar khususnya pelajaran teknik dasar otomotif.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22039 |