Pratiwi, Nike (2015) Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Membentuk Angka Dengan Tanah Liat Di Taman Kanak-kanak Tunas Harapan Tabek Panjang Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_NIKE_PRATIWI_94016_1016_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_NIKE_PRATIWI_94016_1016_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NIKE_PRATIWI_94016_1016_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan kemampuan matematika anak di TK Tunas Harapan Tabek
Panjang Kecamatan Payakumbuh masih jauh dari kemampuan yang hendak
dicapai. Hal ini terlihat dari rendahnya kemampuan anak menyebutkan urutan
bilangan dari 1-10, menunjukkan bilangan 1-10 dan meniru lambang bilangan 1-
10. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika anak
dalam mengenal bentuk angka melalui membentuk dengan tanah liat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian
yang bersifat memperbaiki proses penbelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok B2 TK Tunas Harapan Tabek Panjang Kecamatan Payakunbuh dengan
junlah murid 15 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa
observasi dan dokumentasi, selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan matematika
anak. Dari kondisi awal pada umumnya peningkatan kemampuan matematika
anak masih rendah. Pada siklus I dan siklus II pencapaian rata-rata peningkatan
kemampuan matematika anak meningkat sangat tinggi. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa melalui membentuk angka dengan tanah liat dapat
meningkatkan kemampuan matematika anak di TK Tunas Harapan Tabek Panjang
Kecamatan Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 08:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22038 |