Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif Kelas X Di SMK Taman Siswa Padang

Saputra, Ade Deri (2014) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif Kelas X Di SMK Taman Siswa Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_9_ADE_DERI_SAPUTRA_06365_2718_2014.pdf] Text
final_B1_9_ADE_DERI_SAPUTRA_06365_2718_2014.pdf

Download (656kB)

Abstract

Penelitian ini mengungkapkan masalah pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya terhadap hasil belajar kelistrikan otomotif kelas X di SMK Taman Siswa Padang.
Hipotesis penelitian ini adalah Pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran tanpa tutor sebaya pada pembelajaran kelistrikan otomotif di kelas X SMK Taman Siswa Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2013/2014 di SMK Taman Siswa Padang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik random sampling. Setelah didapat dua kelas sampel, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara pengundian dan diperoleh kelas X TKR1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya memiliki nilai rata-rata (64,10) yang lebih tinggi secara signifikan jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran tanpa tutor sebaya (56,66). Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan thitung = 2,54 dan ttabel = 1,67 artinya thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya hasil belajar lebih tinggi secara signifikan daripada menggunakan pembelajaran tanpa tutor sebaya pada pembelajaran kelistrikan otomotif kelas X di SMK Taman Siswa Padang.
Penulis menyarankan agar guru mata pembelajaran kelistrikan otomotif menggunakan mtode pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dalam pembelajaran karena penggunaan pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya dapat memberikan nilai yang lebih baik pada hasil belajar kelistrikan otomotif siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: embelajaran Kooperatif, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Kelistrikan Otomotif, SMK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:33
Last Modified: 19 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22027

Actions (login required)

View Item
View Item