Analisis Strategi Pemasaran Di Restoran Dara Hotel New d’Dhave

Firdaus, Fakhri (2018) Analisis Strategi Pemasaran Di Restoran Dara Hotel New d’Dhave. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_FAKHRI_FIRDAUS_14135067_4963_2018.pdf] Text
B1_04_FAKHRI_FIRDAUS_14135067_4963_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil pengamatan pra penelitian peneliti terhadap pemasaran yang belum baik di Restoran Dara Hotel New d’Dhave sehingga menyebabkan turunnya pendapatan Restoran Dara. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan alternatif strategi pemasaran terbaik dengan memperhatikan kondisi lingkungan internal dan eksternal dari Restoran Dara Hotel New d’Dhave.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Hotel New d’Dhave Padang yang beralamat di Jl. Jembatan lama raya, kurao pagang, nanggalo, Padang, Sumatera Barat. Sumber data adalah Hotel Manager, Operational Manager, pramusaji, dan Captain restaurant di Hotel New d’Dhave. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kusioner dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis data model Miles-Huberman dengan melakukan tiga tahapan yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan analisis tiga tahap formulasi strategi dengan tiga tahapan yaitu : masukan,pencocokan dan keputusan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kondisi internal memiliki kekuatan utama yaitu memiliki lokasi yang cukup strategis, sedangkan kelemahan utama adalah belum memiliki lift untuk akses ke restoran. Selain itu Kondisi eksternal restoran dara yaitu meiliki peluang utama dari perubahan gaya hidup masyarakat yang komsumtif, Sedangkan ancaman utama adalah tingkat persaingan restoran tinggi. Berdasarkan hasil temuan dan analisis yang telah penulis lakukan alternatif strategi pemasaran restoran dara yaitu meningkatkan variasi produk dengan penganekaragaman menu melalui inovasi produk. Strategi ini dilakukan agar konsumen tidak merasa bosan akan menu makanan yang disediakan. Selain itu peningkatan kualitas pengembangan produk melalui variasi menu dapat meningkatkan nilai penjualan restoran dara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMASARAN
Subjects: Hospitality
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 19 Aug 2025 08:32
Last Modified: 19 Aug 2025 08:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/22003

Actions (login required)

View Item
View Item