Dampak Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X IPA 2 Dan IPA 3 SMA Kartika 1-5 Padang

Adriyanto, Adriyanto (2018) Dampak Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X IPA 2 Dan IPA 3 SMA Kartika 1-5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_ADRIYANTO_1301284_4960_2018.pdf] Text
final_B1_10_ADRIYANTO_1301284_4960_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan desain posttest
only control grup design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament
terhadap penguasaan hiragana oleh siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang. Data
diambil dari purposive sample penelitian kelas X IPA 2 dan X IPA 3, dengan
melakukan posttest penguasaan hiragana pada siswa kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Skor tes siswa dari kedua kelas sampel dibandingkan dengan
menggunakan rumus uji-t untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang
terjadi. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan hipotesis alternatif (H0) diterima pada
taraf signifikan 5% karena Thitung < Ttabel (10,15> 2,01) yang berarti
penguasaan hiragana pada kelas eksperimen jauh berbeda dengan kelas kontrol.
Dengan kata lain, penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games
Tournament berpengaruh secara signifikan terhadap penguasaan hiragana oleh
siswa kelas X SMA Kartika 1-5 Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:35
Last Modified: 19 Aug 2025 06:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21998

Actions (login required)

View Item
View Item