Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Diklat Keselamatan Kerja dan Penggunaan Peralatan Mekanik Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang.

Syafrinaldi, Ade (2013) Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Diklat Keselamatan Kerja dan Penggunaan Peralatan Mekanik Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_10_ADE_ SYAFRINALDI_02762_3808_2013.pdf] Text
final_B1_10_ADE_ SYAFRINALDI_02762_3808_2013.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan di SMK Negeri 5
Padang. Masalah yang ditemukan adalah Rendahnya Hasil Belajar Siswa Kelas X
pada Mata Diklat Keselamatan Kerja dan Penggunaan Peralatan Mekanik Industri
Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 5 Padang, tidak
terlepas dari beberapa faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bersifat
korelasional. Adapun Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah:
“Terdapat Kontribusi Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada
Mata Diklat Keselamatan Kerja dan Penggunaan Peralatan Mekanik Industri
Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang”.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas X Program
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang Tahun ajaran
2011/2012 sebanyak 98 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang
diambil dengan menggunakan proporsional random sampling. Data didapatkan
dari penyebaran angket.Uji coba angket dan angket penelitian dilakukan tanggal
20 September 2012 sampai dengan tanggal 20 Oktober 2012 pada populasi yang
berada di luar sampel penelitian. Sedangkan data hasil belajar mata diklat
diperoleh dari nilai rapor semester ganjil TA 2011-2012. Analisis data
menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment (PPM) dan keberartian
koefisien korelasi r, diuji dengan mengunakan uji t.
Dari analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r
tabel (0,4487 > 0,279) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel
(3,4785 > 1,676) pada taraf signifikan 5%. Kontribusi cara belajar terhadap hasil
belajar siswa kelas X dalam mata diklat Kerja dan Penggunaan Peralatan Mekanik
Industri Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang
adalah sebesar (20,13%).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:35
Last Modified: 19 Aug 2025 06:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21996

Actions (login required)

View Item
View Item