Halim, Abdul (2013) Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Kemudi, Rem Dan Suspensi Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_10_Abdul_ Halim_ 85215_5048_2012.pdf [thumbnail of final_B1_10_Abdul_ Halim_ 85215_5048_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_10_Abdul_ Halim_ 85215_5048_2012.pdf
Download (983kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan dan observasi penulis di SMK
Negeri 1 Koto XI Tarusan. Terlihat masih adanya siswa yang mencermin kan
kebiasaan yang tidak baik. Rendahnya hasil belajar siswa pada mata diklat
Kemudi, Rem dan Suspensi siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan
Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan, diduga disebabkan oleh kebiasaan yang
dilakukan oleh siswa tersebut. Karena kebiasaan belajar adalah salah satu faktor
dari diri siswa yang dapat mempengaruhi sikap dan minat dalam mengikuti
pelajaran. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang positif cenderung akan
mengikuti proses belajar dengan baik. Melihat gejala tersebut maka dapat
dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimanakah Hubungan
Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Kemudi, Rem dan Suspensi
Siswa Kelas X Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto
XI Tarusan?. Hipotesis penelitian adalah Terdapat hubungan yang signifikan
antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata diklat Kemudi, Rem dan
Suspensi siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri
1 Koto XI Tarusan”.
Penelitian ini bersifat korelasional, tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui ada tidaknya hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar mata
diklat Kemudi, Rem dan Suspensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas X Jurusan Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto
XI Tarusan yang berjumlah 53 orang. Sampel dalam penelitian ini diambilkan dari
populasi sebanyak 35 orang yang ditentukan dengan menggunakan rumus Taro
Yamane. Data kebiasaan belajar diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang
digunakan adalah angket yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Uji coba angket
dilakukan tanggal 25 Maret 2013 sampai dengan tanggal 4 April 2013 pada siswa
kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Painan yang berjumlah
30 orang. Sedangkan hasil belajar mata diklat Kemudi, Rem dan Suspensi
diperoleh dari nilai semester ganjil TA 2012-2013. Jenis analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus Korelasi Pearson
Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisien korelasi r, dapat
diuji dengan mengunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitian
dapat digeneralisasikan pada populasi.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung
> r tabel (0, 4173 > 0,334) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel
(2,6383> 1,691) pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil
belajar mata diklat Kemudi, Rem dan Suspensi siswa kelas X Jurusan Teknik
Otomotif Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 06:34 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 06:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21995 |