Implementasi Pembelajaran Batik pada Masa Covid-19 di SMK N 8 Padang

Yodansi, Anggun (2022) Implementasi Pembelajaran Batik pada Masa Covid-19 di SMK N 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ANGGUN_YODANSI_17075164_1986_2022.pdf] Text
B1_01_ANGGUN_YODANSI_17075164_1986_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah tentang implementasi pembelajaran batik pada masa
Covid-19 di SMK N 8 Padang. Pada masa pandemi Covid-19 peserta didik belajar
dari rumah tanpa tatap muka, hal tersebut mengakibatkan terhambatnya proses
pembelajaran batik, dimana peserta didik mengalami kesulitan dalam melakukan
praktek membatik. Dikarenakan proses pembelajaran dilakukan secara Daring
dan Luring, sedangkan proses pembelajaran batik memerlukan waktu yang lama,
dalam proses praktekmembatik bisa memakan waktu 1 sampai 2 semester. Peserta
didik hanya di perbolehkan 5 sampai 8 orang dalam satu hari. Sehingga jam tatap
muka (praktek) hanya 4 sampai 5 kali saja dalam satu semester. Hal ini
mengakibatkan terhambatnya proses pembelajaran batik pada SMK N 8 Padang
pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Pembelajaran Batik pada
Masa Covid-19 di SMK N 8 Padang
Metode penelitian ini yaitu berupa metode kualitatif. Jenis data berupa data
primer dan sekunder. Informan penelitian ini ialah Bapak Deswandi, Ibu Rita dan
Ibu Diana selaku guru pembelajaran batik di SMK N 8 Padang. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik
analisis data dilakukan dengan teknik analisis model interaktif yang berkaitan
dengan pokok permasalahan dengan reduksi data, penarikan data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian meunjukkan bahwa (1) guru pembelajaran batik menyusun
perencanaan pembelajaran yaitu perangkat pembelajaran seperti silabus, KI, KD,
RPP, dan modul untuk panduan pembelajaran. (2) proses pelaksanaan
pembelajaran batik dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom dan whatsaap
grup, dimulai dengan membaca salam dan doa, absen, motivasi, pemberian materi
berupa power point dan video pembelajaran, tanya jawab dan pemberian tugas.
(3) pemberian nilai dilakukan secara pertahap, dimulai dari desain, canting,
pewarnaan, kualitas, kerapian. Proses pemberian nilai dilakukan secara luring
siswa mengumpulkan tugas di sekolah. Kendala dalam pembelajaran batik di
SMK N 8 Padang antara lain sulitnya pembelajaran praktek membatik dilakukan
secara daring dan luring.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 19 Feb 2025 07:32
Last Modified: 19 Feb 2025 07:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item
View Item