Liza, Yulia Mona (2021) Analisis Miskonsepsi pada Materi Hidrokarbon Menggunakan Instrumen Two-Tier Diagnostic Test di SMA Pertiwi 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YULIA_MONA_LIZA_15035130_1067_2021.pdf [thumbnail of final_B1_7_YULIA_MONA_LIZA_15035130_1067_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YULIA_MONA_LIZA_15035130_1067_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Konsep merupakan pemahaman individu atau sekelompok orang yangdiungkapkan dalam bentuk pengertian yang menghasilkan suatu pengetahuanberupa teori, prinsip, dan hukum. Konsepsi merupakan kemampuan seseorangdalam memahami konsep, baik yang diperoleh melalui interaksi denganlingkungan maupun konsep yang diperoleh dari pendidikan formal. Konsepsipeserta didik yang berbeda dengan yang disepakati para ahli disebut sebagaimiskonsepsi atau salah paham.Miskonsepsi peserta didik yang muncul terusmenerus akan mengganggu pembentukan konsepsiilmiah danmengakibatkanmasalah belajar yang dapat mempengaruhi hasil belajar pesertadidik. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis miskonsepsi peserta didik. Salahsatu tes diagnostik yang dapat digunakan untuk menganalisis miskonsepsi adalahtes pilihan ganda bertingkat dua atau dikenal juga sebagai two-tier multiplechoice, dimana tingkat pertama merupakan pertanyaan yang diujikan sedangkantingkat kedua berisi alasan atas jawaban pada tingkat pertama. Penelitian inibertujuan untuk menganalisis miskonsepsi dan menentukan persentasemiskonsepsi peserta didik pada materi hidrokarbon dengan metode deskriptif.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA2 di SMA Pertiwi 1Padang yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik TwoTier Multiple Choice dengan membagi pemahaman konsep peserta didik dalamkategori paham konsep, miskonsepsi, dan tidak paham konsep. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa persentase pemahaman konsep peserta didik pada kategoripaham konsep sebesar 31%, miskonsepsi sebesar 36%, dan tidak paham konsepsebesar 34% pada materi hidrokarbon. Miskonsepsi peserta didik pada materihidrokarbon di SMA Pertiwi 1 Padang termasuk kriteria sedang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hidrokarbon, Miskonsepsi, Two-Tier Multiple Choice |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 06:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 06:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21978 |