Dampak Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang

Meltha, Yulia (2014) Dampak Pola Asuh Orangtua terhadap Perkembangan Sosial Anak di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_YULIA_MELTHA_96189_347_2014.pdf] Text
final_B1_7_YULIA_MELTHA_96189_347_2014.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa orangtua menerapkanpola asuh yang kurang sesuai dengan seharusnya, sehingga mengakibatkanperkembangan sosial anak di sekolah kurang berkembang. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui bagaimanakah dampak pola asuh orangtua terhadapperkembangan sosial anak di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI PadangJenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, populasipenelitian ini orang tua anak di TK Adhyaksa XXVI Padang dengan teknikpengambilan sampel Purposive Sampling sebanyak 20 orang pada kelompok Adan B1. Teknik pengumpulan data yaitu pengisian angket kepada orangtua danobservasi terhadap anak dengan memakai skala likert.Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan angket bahwa sebagianbesar orangtua di TK Adhyaksa sering menggunakan pola asuh demokratissebanyak 59,6 %. Sedangkan berdasarkan observasi terhadap anak perkembangansosialnya cukup baik karena dari 20 orang anak yang diteliti, hanya 2 orang sajaanak yang perkembangan sosialnya masih kurang baik. Dari hasil penelitian inidapat disimpulkan bahwa pola asuh orangtua mempunyai dampak terhadapperkembangan sosial anak, yang sebagian besar orangtua menerapkan pola asuhdemokratis dan berdampak cukup baik terhadap perkembangan sosial anak disekolah.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Perkembangan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:32
Last Modified: 19 Aug 2025 06:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21976

Actions (login required)

View Item
View Item