Meidia, Nelva (2013) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi di SMA Pertiwi 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_NELVA_MEIDIA_05139_5538_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_NELVA_MEIDIA_05139_5538_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NELVA_MEIDIA_05139_5538_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Reaksi Oksidasi Reduksi merupakan salah satu materi pelajaran kimia
yang dipelajari siswa di kelas X SMA. Materi ini memiliki beberapa konsep yang
harus dipahami siswa sedangkan pembelajaran yang dilakukan masih berpusat
pada guru sehingga siswa belum terlibat aktif dalam pembelajaran tersebut. Salah
satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa, yang dapat meningkatkan
aktivitas belajar siswa adalah model pembelajaran NHT. Penelitian ini bertujuan
untuk mendeskripsikan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model
pembelajaran NHT pada pembelajaran kimia materi Reaksi Oksidasi Reduksi di
kelas X SMA Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Pertiwi 2 Padang. Sampel penelitian
diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga terpilih
siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar berbentuk
tes objektif yang telah diujicobakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil
belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT lebih tinggi
secara signifikan daripada hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan
pembelajaran konvensional pada materi Reaksi Oksidasi Reduksi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 04:10 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 04:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21954 |