Yondriadi, Yondriadi (2019) Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YONDRIADI_15035049_2852_2019.pdf [thumbnail of final_B1_7_YONDRIADI_15035049_2852_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YONDRIADI_15035049_2852_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Struktur atom merupakan salah satu materi kimia yang dipelajari olehpeserta didik di Sekolah Menengah Atas (SMA). Materi struktur atom masihkurang dipahami oleh beberapa orang peserta didik. Penelitian ini bertujuan untukmengembangkan modul struktur atom berbasis guided discovery learning untukkelas X SMA, serta menentukan tingkat validitas dan praktikalitas dari modul.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atauResearch and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalampenelitian ini adalah model Plomp yang terdiri atas 3 tahapan, yaitu: penelitianpendahuluan (preliminary research), pembentukan prototipe (prototyping stage),dan tahap penilaian (assessment phase). Modul ini divalidasi oleh dua orangdosen kimia FMIPA UNP dan tiga orang guru kimia SMA. Uji praktikalitasdilakukan oleh dua orang guru kimia SMA dan 34 orang peserta didik kelas XMIPA 1 di SMAN 3 Pariaman. Data validitas dan praktikalitas dianalisis denganmomen cohen’s kappa (k). Berdasarkan hasil validitas modul dari expert reviewdiperoleh nilai rata-rata momen kappa 0,86 dengan kategori validitas sangattinggi. Hasil praktikalitas modul dari peserta didik pada tahap small groupdiperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,85 dengan kategori praktikalitassangat tinggi. Sedangkan praktikalitas modul dari guru dan peserta didik padatahap field test diperoleh nilai rata-rata momen kappa (k) secara berturut-turutadalah 0,90 dan 0,84 dengan kategori praktikalitas sangat tinggi. Data yangdiperoleh menunjukkan bahwa modul struktur atom berbasis guided discoverylearning untuk kelas X SMA yang dihasilkan sudah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur Atom, Modul, Guided Discovery Learning, Research and Development (R&D), Model Plomp |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:07 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21926 |