Sari, Julia Puspita (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Media Audio Visual di SMPN 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_JULIA_PUSPITA_SARI_15023095_5621_2019Skripsi.pdf [thumbnail of final_B1_06_JULIA_PUSPITA_SARI_15023095_5621_2019Skripsi.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_JULIA_PUSPITA_SARI_15023095_5621_2019Skripsi.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 34 Padang.
Penelitian termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas. Instrumen
penelitian ini adalah tes tertulis dan lembaran observasi. Prosedur penelitian ini
adalah studi pendahuluan dan siklus 1. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan rumus presentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audiovisual dalam
pembelajaran seni tari dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII.7
SMP N 34 Padang. Siswa juga mudah mengingat setiap materi yang disampaikan
karena mereka telah menyaksikan melalui media audiovisual yang digunakan
guru. Aktivitas siswa pada siklus 1 48.3% sementara pada siklus 2 terjadi
peningkatan aktivitas siswa yang cukup tinggi dengan presentase 78.9%. Hasil
belajar pada siklus 1 masih rendah dengan rata-rata nilai tes hasil belajar 62.8%
dengan presentase ketuntasan hanya 48.3%. Setelah dilakukan refleksi pada siklus
2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa memiliki rata-rata nilai hasil belajar
78.9% dengan presentase ketuntasan 83.2%.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 10:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 10:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21918 |