Marshel, Joviana (2016) Kontribusi Lembar Kerja Peserta Didik Berbantukan Model Scaffolding Problem Solving Pada Materi Teori Kinetik Gas dan Pemanasan Global Terhadap Kompetensi Fisika Di Kelas XI SMAN 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_JOVIANA_MARSHEL_1202928_4783_2046.pdf [thumbnail of final_B1_06_JOVIANA_MARSHEL_1202928_4783_2046.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_JOVIANA_MARSHEL_1202928_4783_2046.pdf
Download (2MB)
Abstract
Faktor penyebab rendahnya kompetensi peserta didik adalah kurangnya
pemahaman serta ketertarikan terhadap materi fisika dan kemampuan pemecahan
masalah. Kemampuan pemecahan masalah dapat ditingkatkan melalui
pembelajaran menggunakan pemecahan masalah. Usaha yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan kompetensi fisika peserta didik adalah menggunakan model
Scaffolding Problem Solving dilengkapi dengan LKPD. Tujuan penelitian ini
adalah untuk menyelidiki kontribusi Lembar Kerja Peserta Didik berbantukan
model Scaffolding Problem Solving terhadap Kompetesi Fisika peserta didik.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi Experimental dengan
rancangan penelitian The one-shot case Study. Populasi penelitian meliputi
seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1 Lubuk Alung yang terdaftar pada
semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan
teknik cluster sampling. Instrumen penelitian berupa Penilaian LKPD berbantuan
model Scaffolding Problem Solving (X) berupa rubrik penilaian LKPD dan
Kompetensi Siswa (Y) yang mencakup kompetensi pengetahuan, kompetensi
sikap dan kompetensi keterampilan. Untuk kompetensi pengetahuan diberikan tes
akhir, format observasi untuk kompetensi siswa ranah sikap, Penilaian unjuk
Kerja untuk kompetensi siswa ranah keterampilan. Data penelitian adalah nilai
kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Data yang diperoleh dianalisis
dengan menggunakan analisis regresi dan korelasi.
Berdasarkan analisis data pada ranah pengetahuan menunjukkan bahwa
untuk analisis uji f, diperoleh fhitung = 174.06 sedangkan ftabel = 4,17 pada taraf
nyata 0,05 sehingga hipotesis Kegiatan (Hi) diterima. Hasil analisis uji f pada
ranah sikap, diperoleh fhitung = 36.01 sedangkan ttabel = 4,17 pada taraf nyata 0,05
sehingga hipotesis Kegiatan (Hi) diterima. Hasil analisis uji f ranah keterampilan,
diperoleh fhitung = 63.26 sedangkan ttabel = 4,17 pada taraf nyata 0,05 sehingga
hipotesis Kegiatan (Hi) diterima. Dengan uji korelasi pada setiap aspek ranah
sebagai berikut : ranah pengetahuan 84.88%, ranah sikap 73.48%, dan ranah
keterampilan 96.11%. Kesimpulan penelitian adalah terdapat kontribusi yang
berarti LKPD berbantuan model Scaffolding Problem Solving pada materi teori
kinetik gas dan pemanasan global terhadap kompetensi fisika di kelas XI SMAN 1
Lubuk Alung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 09:38 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 09:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21916 |