Hendri, Hendri (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Type Jigsaw di Kelas IV SD Negeri 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HENDRI_09359_2348_2012.pdf [thumbnail of B1_6_HENDRI_09359_2348_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HENDRI_09359_2348_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan, yaitu rendahnya hasil
belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD. Hal ini disebabkan karena
pembelajaran masih bersifat konvensional, proses pembelajaran masih berpusat
pada guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena hampir semua informasi
didapat dari penyampaian guru bukan atas usaha sendiri sehingga siswa kurang
berminat mengikuti pembelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki
proses pembelajaran PKn melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
menggunakan pendekatan cooperative learning type jigsaw. Pendekatan
cooperative learning tipe jigsaw ini adalah suatu pendekatan pembelajaran yang
memberikan kesempatan bagi siswa untuk berfikir dan berdiskusi dengan teman
untuk menjadikan diri “ahli” sehingga dapat menjelaskan materi yang mereka
bahas dalam kelompok ahli kepada temannya di kelompok asal. Tujuan dari PTK
ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan, dan
penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan cooperative
learning type jigsaw dalam pembelajaran PKn.
Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif dan kualitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas IV SDN 01 Benteng Pasar Atas Kota Bukittinggi. Pengumpulan data
dilaksanakan dengan observasi, tes, dan lembar pengamatan. Pendekatan
Cooperative Learning Type Jigsaw merupakan pendekatan pembelajaran yang
menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang beranggotakan 5 atau 6 orang
siswa, yang terbagi kepada kelompok asal dan kelompok ahli. Pendekatan
Cooperative Learning Type Jigsaw dilakukan melalui tujuh tahap, dimulai dari
penempatan siswa dalam kelompok Cooperative, pemberian materi, diskusi kelas
ahli, presentasi hasil diskusi kelompok, laporan kelompok, mengadakan kuis atau
tes, dan penghargaan kelompok.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Dari evaluasi
tindakan siklus I pertemuan 1 rata-rata persentase kognitif siswa yakni 59
%,siklus I pertemuan 2 rata-rata persentase kognitif siswa yakni 79 % sedangkan
pada evaluasi tindakan siklus II rata-rata persentase kognitif yakni 100 %. Dari
hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.
Maka dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan menggunakan pendekatan
cooperative learning type jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran PKn.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 09:21 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 09:21 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21908 |