Faisal, Hendri (2012) Penggunaan Model Kooperatif Learning Tipe Studen Tteam Achievement Division (STAD) Pada Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V SDN 06 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_6_HENDRI FAISAL_57128_166_2013.pdf [thumbnail of B1_6_HENDRI FAISAL_57128_166_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_6_HENDRI FAISAL_57128_166_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran siswa hanya duduk, diam, dengar, dan mencata tmateri yang disampaikan guru. Ini disebabkan karena guru kurang mampu mengembangkan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara optimal dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa sering kali tidak bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran.Selain itu sebahagian siswa takut dan malu bertanya kepada guru, jika mengalami kesulitan dalam pembelajaran mereka berdiam dirisaja, sehingga hasil belajarnya rendah.Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di lakukan PTK dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) di bidang pendidikan dan proses pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar Ilmu pengetahuan Sosial. Adapun subjekpenelitian ini siswa kelas V SDN 06 Kinali. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini direncanakan untuk dua kali siklus. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian siklus I pada perencanaan diperoleh hasil 77% dengan criteria baik, pelaksanaan dari aspek guru 71% criteria cukup dan dari aspek siswa 60% kriteria, kurang, hasilbelajar siswa dengan rata-rata 73dengan criteria belum tuntas. Sedangkan pada siklus II perencanaan diperoleh hasil 96% dengan criteria sangat baik, pelaksanaan dari aspek guru 92% dengan criteria sangat baik dan dari aspek siswa 89% dengan criteria sangat baik, hasil belajar siswa meningkat menjadi rata-rata 84 dengan criteria sudah tuntas. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial.Maka dapat disimpulkan bahwa dengan Menggunakan Model Koopratif Learning Tipe (STAD) pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 09:20 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 09:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21904 |