Peningkatan Keterampilan Bermain Talempong dengan Menggunakan Strategi Quantum Teachingbagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Salasa Tangah Kecamatan Baso Kabupaten Agam

Amril, Hendri (2013) Peningkatan Keterampilan Bermain Talempong dengan Menggunakan Strategi Quantum Teachingbagi siswa kelas IV SD Negeri 04 Salasa Tangah Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HENDRI AMRIL_01367_1426_2013.pdf] Text
B1_6_HENDRI AMRIL_01367_1426_2013.pdf

Download (735kB)

Abstract

Keterampilan siswa dalam bermain talempong sangatlah rendah. Hal ini disebabkan karena guru masih terlalu mendominasi dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, penulis juga melihat permasalahan yang terjadi dari aspek siswa selama proses pembelajaran seni musik bermain talempong siswa hanya meniru guru. Sehingga siswa tidak dapat mengekspresikan dirinya melalui pembelajaran seni musik bermain talempong. Melalui penelitian yang dilakukan dengan menggunakan strategi Quantum Teaching dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memainkan alat musik talempong.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dari kegiatan dari aspek guru dan kegiatan dari aspek siswa, subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD terteliti.
Hasil penelitian berdasarkan pengamatan dari aspek guru meningkat dari taraf keberhasilan baik pada siklus I dengan nilai akhir 90,8 menjadi sangat baik pada siklus II dengan nilai akhir 96. Aspek siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I taraf keberhasilan cukup meningkat pada siklus II menjadi sangat baik. Dari penilaian pada siklus I memperoleh nilai akhir 68,2 dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai akhir 85,5. Selain itu proses pembelajaran juga meningkat, siswa sudah terampil dalam memainkan alat musik talempong. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan menggunakan Strategi Quantum Teaching dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memainkan alat musik talempong di kelas IV SD Negeri 04 Salasa Tangah Kecamatan Baso Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Aug 2025 09:19
Last Modified: 15 Aug 2025 09:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21901

Actions (login required)

View Item
View Item