Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi Know Want To Know Learned (KWL Bagi Siswa Kelas IV SDN 13 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Helmida, Helmida (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi Know Want To Know Learned (KWL Bagi Siswa Kelas IV SDN 13 Gunung Tuleh Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_6_HELMIDA_57148_3932_2014.pdf] Text
B1_6_HELMIDA_57148_3932_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang peneliti temui pada siswa kelas IV SDN 13 Gunung
Tuleh adalah kemampuan membaca intensif siswa masih rendah. Hal ini
disebabkan karena strategi yang digunakan guru belum tepat, sehingga : (1) siswa
tidak bisa menemukan informasi pada bacaan yang dibacanya (2) ketika diberikan
pertanyaan mengenai teks bacaan, siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang
diberikan oleh guru; (3) informasi yang didapat oleh siswa dalam teks bacaan
tidak bertahan lama. Untuk itu peneliti melakukan penelitian yang bertujuan
mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca intensif dengan
menggunakan strategi KWL bagi siswa kelas IV SDN 13 Gunung Tuleh.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa
kelas IV SDN 13 Gunung Tuleh, yang berjumlah 20. Prosedur penelitian meliputi
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data diperoleh dari observasi
dan penilaian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan membaca
intensif siklus I (1) prabaca nilai rata-rata siswa 62,5 (cukup) saatbaca nilai ratarata
siswa 62,5 (cukup) dan pascabaca 68 (cukup). Pada siklus II sudah terjadi
peningkatan (II) prabaca dengan nilai rata-rata siswa 81,25 (baik) saatbaca nilai
rata-ratanya 87,5 (sangat baik) dan pascabaca 85 (baik). Rata-rata kemampuan
membaca intensif siswa pada siklus I adalah 64,3, dan siklus II meningkat
menjadi 84,58. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan
strategi KWL dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:42
Last Modified: 15 Aug 2025 08:42
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21876

Actions (login required)

View Item
View Item