Sari, Dian Novita (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Inkuiri di Kelas V SD Negeri 05 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DIAN_NOVITA_SARI_07533_3092_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_DIAN_NOVITA_SARI_07533_3092_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DIAN_NOVITA_SARI_07533_3092_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA dilakukan guru kurang melibatkan siswa dan selalu memberikan hafalan serta kurang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata siswa sehingga kurangnya motivasi dan minat siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran yang mengakibatkan hasil belajar IPA menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode inkuiri di kelas V SD Negeri 05 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dalam dua siklus terdiri dari empat tahap tindakan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tes. Sumber data adalah proses pembelajaran dan hasil pelaksanaan pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas V dan guru.
Hasil penelitian siklus I pada perencanaan RPP diperoleh dengan rata-rata 78,57% (C), sedangkan pada siklus II tahap perencanaan RPP meningkat menjadi 91,07% (SB). Tahap pelaksanaan pada aspek guru siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 72,92% (C) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil menjadi 87,50% (B). Dari aspek siswa siklus I diperoleh hasil dengan rata-rata 66,67% (K) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil menjadi 89,58% (B). Hasil belajar siswa pada siklus I dengan rata-rata 67,23% (K), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,29%. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 05 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode inkuiri tingkatkan hasil, siswa lebih aktif belajar, IPA dikaitkan kehidupan nyata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:53 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21868 |