Nursyahlida, Nursyahlida (2013) Pembuatan Modul Senyawa Turunan Alkana Berbahasa Inggris untuk Kimia SMA Kelas XII. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_NURSYA_NADYA_16059112_2438_2021.pdf [thumbnail of final_B1_7_NURSYA_NADYA_16059112_2438_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NURSYA_NADYA_16059112_2438_2021.pdf
Download (1MB)
![final_B1_7_NURSYAHLIDA_96941_6265_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_NURSYAHLIDA_96941_6265_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_NURSYAHLIDA_96941_6265_2013.pdf
Download (754kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa sekolah unggulan
dituntut untuk mampu berprestasi di tingkat nasional dan dunia dalam
penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mencapai
keunggulan tersebut maka masukan (input), proses pendidikan, guru
dan tenaga kependidikan, manajemen, layanan pendidikan, serta sarana
penunjangnya harus diarahkan untuk menunjang tercapainya tujuan
tersebut. Salah satu sarana penunjang yang diperlukan oleh sekolah
unggulan adalah media pembelajaran yang dapat mempengaruhi
efektifitas dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang dapat
digunakan adalah modul berbahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan
untuk menghasilkan modul yang layak digunakan untuk pembelajaran
SMA kelas XII .
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan
pengembangan atau Research and Development (R & D) yang
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan
produk tersebut. Uji kelayakan media dilakukan kepada siswa SMA
kelas XII IPA 4 SMAN 10, guru kimia dan mahasiswa kimia program
ISTE. Kelayakan media ini dilihat berdasarkan pandangan siswa, guru
dan mahasiswa program ISTE dari segi bentuk, isi, motivasi dan
kepraktisan. Selanjutnya diminta saran dari siswa, guru, dan
mahasiswa kimia program ISTE dari segi bentuk, isi, motivasi, dan
kepraktisan modul. Teknik Pengambilan data pada penelitian ini adalah
menggunakan analisis data pada angket, analisis data pada modul, uji
validitas, uji daya beda soal, uji indek kesukaran soal, dan reliabilitas
tes.
Dari hasil penelitian didapatkan analisis data angket siswa
diperoleh nilai kelayakan 4.60, sedangkan data angket pada guru dan
mahasiswa kimia diperoleh nilai kelayakan 4,33. Analisis data pada
modul diperoleh nilai kelayakan 88.16.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL BERBAHASA INGGIRIS, SEKOLAH UNGGULAN |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:41 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:41 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21863 |