Hartandi, Megi (2022) Effektivitas Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MEGI_HARTANDI_18035105_3964_2022.pdf [thumbnail of final_B1_7_MEGI_HARTANDI_18035105_3964_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MEGI_HARTANDI_18035105_3964_2022.pdf
Download (1MB)
Abstract
Perkembangan dunia pendidikan menuntut adanya inovasi baru dalam penggunaan teknologi untuk proses pembelajaran. Tuntutan penggunaan teknologi dalam pendidikan juga didasari oleh kurangnya waktu belajar bagi peserta didik untuk memahami materi yang di ajarkan. Salah satu sistem pembelajaran yang cocok untuk situasi ini adalah Blended Learning. Blended Learning adalah pencampuran pembelajaran tatap muka di kelas dengan belajar secara online. Diantara sistem pembelajaran Blended Learning yang telah dikembangkan adalah Sistem Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan effektivitas dari Sistem Pembelajaran Flipped Classroom berbasis Inkuiri Terbimbing pada materi Larutan Penyangga terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian Eksperimen Semu (Quasi Experiment Research) ini menggunakan rancangan non-equivalend control groub design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas Eksperimen. Instrument penilaian berupa tes hasil belajar siswa (Multiple Choice Test) untuk penilaian kognitif peserta didik. Tes dilakukan dengan memberikan soal tes awal (PretestI) dan tes akhir (Postest) yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Uji N-Gain, Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis.
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai N-Gain pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yang masing-masing memiliki nilai 0,82 dan 0,70. Dari hasil uji t diperoleh nilai thitung 2,47 dan ttabel dengan taraf nyata 0,05 adalah 1,99, sehingga nilai thitung lebih besar daripada nilai ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan sistem pembelajaran Flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Flipped Classroom, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar, Learning Management System. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:39 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21843 |