Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Metode Accelerated Learning di Kelas IV SDN 17 Sungai Janiah Kecamatan Baso Kabupaten Agam

Kurniati, Dian (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Metode Accelerated Learning di Kelas IV SDN 17 Sungai Janiah Kecamatan Baso Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_DIAN_KURNIATI_17283_2128_2015.pdf] Text
final_B1_6_DIAN_KURNIATI_17283_2128_2015.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca siswa kelas IV SDN 17 Sungai Janiah Kecamatan Baso Kabupaten Agam yang rendah. Hal ini disebabkan oleh guru kurang memotivasi siswa dan metode pembelajaran yang kurang menyenangkan bagi siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode accelerated learning.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca intensif siswa dengan metode accelerated learning pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca di kelas IV SDN 17 Sungai Janiah Kecamatan Baso Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SDN 17 Sungai Janiah Kecamatan Baso Kabupaten Agam dengan jumlah siswa 22 orang. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, dengan rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan membaca intensif siswa pada tahap prabaca dari rata-rata 61,36% (kategori C) menjadi 72,73% (kategori B). Pada tahap saatbaca, nilai meningkat dari 69,32% (C) menjadi 90,91% (Sangat Baik). Pada tahap pascabaca, nilai meningkat dari 69,70% (C) menjadi 79,55% (B). Penggunaan metode accelerated learning terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa di kelas tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode accelerated learning tingkatkan membaca, kemampuan membaca intensif bertambah, pembelajaran lebih menyenangkan bagi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Gilang Maulana Rasyid
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:37
Last Modified: 15 Aug 2025 08:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21827

Actions (login required)

View Item
View Item