Perbandingan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan TPS pada Materi Reaksi Redoks di SMA Adabiah 2 Padang

Megawati, Megawati (2013) Perbandingan Hasil Belajar Kimia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan TPS pada Materi Reaksi Redoks di SMA Adabiah 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MEGAWATI_12813_3065_2013.pdf] Text
final_B1_7_MEGAWATI_12813_3065_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Reaksi redoks merupakan materi kimia berupa konsep-konsep diantaranya, konsep oksidasi, reduksi, bilangan oksidasi, reduktor, oksidator dan lain sebagainya. Siswa lebih mudah memahami jika terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Namun, umumnya siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran, karena belum disajikan dalam model pembelajaran yang bervariasi. Untuk itu seorang guru diharapkan mampu menciptakan kondisi belajar yang dapat merangsang dan memotivasi siswa untuk belajar. Pembelajaran kooperatif adalah salah satu alternatif model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Think Pair Share (TPS) pada materi reaksi redoks di SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen dengan rancangan penelitian “Randomized Control Group Only Postest Design yang diperluas”, sebagai populasi adalah siswa kelas X SMA Adabiah 2 Padang tahun ajaran 2012/2013. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas terhadap data populasi, dipilih kelas X9 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X8 sebagai kelas eksperimen 2 dengan teknik random sampling. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 (65,13) lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2 (61,97). Hasil uji normalitas dan homogenitas terhadap hasil tes akhir kedua kelas sampel diperoleh bahwa kedua kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis dengan uji t pada taraf kepercayaan 0,05, diperoleh data thitung = 1,10 dan ttabel = 1,66 atau thitung < ttabel. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis penelitian ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara statistik tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada materi reaksi redoks di SMA Adabiah 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: embelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Division, Think Pair Share, Hasil Belajar, Reaksi Redoks.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:36
Last Modified: 15 Aug 2025 08:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item
View Item