Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA

Anjelina, Yola (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_YOLA_ANJELINA_17035122_2051_2021.pdf] Text
final_B1_7_YOLA_ANJELINA_17035122_2051_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 mengubah model pembelajaran, menyebabkanpembalajaran harus dilaksanakan secara online dan tatap muka. Flipped classroomyang dikombinasikan dengan model pembelajran inkuiri terbimbing merupakansalah satu cara untuk membantu siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah menguji validitas dan praktikalitas dari modelpembelajaran flipped classroom berbasis inkuiri terbimbing pada materi IkatanKimia kelas X SMA.Jenis Penelitian ini adalah Educational Design Reseach. ModelPengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Plomp, yang terdiridari Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assesement Phase. Dan padasetiap tahapan dilakukan evaluasi formatif dan dilakukan revisi, hinggamenghasilkan bahan ajar yang valid dan praktis.Uji coba dilakukan terhadap siswa kelas X SMAN 8 Padang. Hasil validitasyang didapatkan adalah 0,86 dengan kategori kevalidan tinggi dan nilai untukkepraktisan 82,17 dengan kategori praktis. Hasil menunjukan model pembelajaranflipped classroom berbasis inkuiri terbibing valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Flipped classroom, Plomp, Validitas, Praktikalitas
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:33
Last Modified: 15 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21796

Actions (login required)

View Item
View Item