Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Kimia di Kelas X R-SMA BI 10 Padang

Yoza, Mega Oktia (2012) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar Kimia di Kelas X R-SMA BI 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MEGA OKTIA YOZA_02030_2010.pdf] Text
final_B1_7_MEGA OKTIA YOZA_02030_2010.pdf

Download (422kB)

Abstract

Kendala siswa dalam memahami materi adalah kurangnya minat siswa terhadap materi yang diajarkan dan suasana yang terlalu serius, sehingga membuat siswa merasa bosan selama proses pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah di atas dengan menerapkan suatu model pembelajaran Course Review Horay yang dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga menghilangkan kebosanan untuk belajar. Penelitian ini berupaya untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada materi tata nama senyawa dan persamaan reaksi karena adanya pengaruh aktivitas siswa dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X yang terdaftar pada semester I tahun ajaran 2011/2012 di R- SMA BI 10 Padang. Sampel penelitian diambil dari anggota populasi, pengambilannya menggunakan teknik random sampling. Setelah didapat dua kelas sampel, penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan cara pengundian dan diperoleh kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X8 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes di akhir penelitian. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay memiliki nilai rata-rata (86,25) yang lebih tinggi secara signifikan jika dibandingkan dengan kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional (81,56). Setelah dilakukan uji-t pada taraf kepercayaan 0,05 didapatkan thitung = 3,17 dan ttabel = 2,04 artinya thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay hasil belajar lebih tinggi secara signifikan daripada menggunakan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan tata nama senyawa dan persamaan reaksi di kelas X R-SMA BI 10 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Course Review Horay, Hasil Belajar Kimia, Tata Nama Senyawa, Persamaan Reaksi.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:33
Last Modified: 15 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21794

Actions (login required)

View Item
View Item