engaruh Penggunaan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang

Sakinah, Mutiara (2021) engaruh Penggunaan E-Modul Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MUTIARA_SAKINAH_18035049_2390_2022.pdf] Text
final_B1_7_MUTIARA_SAKINAH_18035049_2390_2022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning terhadap
hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan desain penelitian randomized control-group pretest-posttest
design. Populasi terdiri dari siswa kelas X SMA Negeri 1 Padangpanjang tahun ajaran 2021/2022, pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan terpilih kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 6
sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 20 soal, data dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan analisa data, diperoleh peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol dan uji hipotesis yang diperoleh sig(2-tailed) < 0,05 menunjukkan hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan hasil
belajar siswa di SMA Negeri 1 Padangpanjang. Oleh karena itu, e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasis guided discovery learning dapat digunakan untuk pembelajaran kimia di kelas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:33
Last Modified: 15 Aug 2025 08:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21793

Actions (login required)

View Item
View Item