Pembuatan Monopoli Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Materi Unsur, Senyawa dan Campuran di Kelas VII SMP

Arani, Mutia Suci (2015) Pembuatan Monopoli Kimia sebagai Media Pembelajaran untuk Materi Unsur, Senyawa dan Campuran di Kelas VII SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_MUTIA_SUCI_ARANI_54994_2216_2015.pdf] Text
final_B1_7_MUTIA_SUCI_ARANI_54994_2216_2015.pdf

Download (693kB)

Abstract

Salah satu media pembelajaran alternatif yang dapat meningkatkan pemahaman serta menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran terhadap materi unsur, senyawa dan campuran adalah monopoli kimia.Unsur, senyawa dan
campuran merupakan salah satu materi pembelajaran IPA yang dipelajari di SMP.Media monopoli kimia yang digunakan telah dimodifikasi komponen serta aturan permainannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media monopoli kimia
pada pembelajaran unsur, senyawa dan campuran di kelas VII SMP, serta menguji tingkat kelayakan berdasarkan fungsi media yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi
kognitif, dan fungsi kompensatoris. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar wawancara guru.Angket dianalisis menggunakan Skala Likert. Angket diberikan pada siswa SMPN 21 Padang sebagai lembar uji tingkat kelayakan monopoli kimia. Hasil penelitian analisis data uji kelayakan media berdasarkan fungsi media pembelajaran,
yaitu fungsi atensi dengan nilai rata-rata kelayakan 4,57; fungsi afektif dengan nilai rata-rata kelayakan 4,74; fungsi kognitif dengan nilai rata-rata kelayakan 4,64; fungsi
kompensatoris dengan nilai rata-rata kelayakan 4,43; dan tingkat kelayakan monopoli kimia sebagai media pembelajaran secara keseluruhan adalah 4,58. Berarti media monopoli kimia sangat layak digunakan untuk pembelajaran unsur, senyawa dan campuran.Kriteria kelayakan ditinjau dari keempat fungsi media masing-masing memiliki interpretasi sangat layak.Ini menunjukkan bahwa media monopoli kimia ini sangat layak digunakan pada proses pembelajaran unsur, senyawa dan campuran di kelasVII SMP.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:32
Last Modified: 15 Aug 2025 08:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21785

Actions (login required)

View Item
View Item