Adilah, Machrojah (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Materi Redoks di Kelas X SMAN 1 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_MACHAROJAH ADILAH_01996].pdf [thumbnail of final_B1_8_MACHAROJAH ADILAH_01996].pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_MACHAROJAH ADILAH_01996].pdf
Download (1MB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah rendahnya motivasi siswa dalam belajar, dimana dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alternatif untuk mengembangkan pembelajaran, antara lain pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Dari hal tersebut muncul permasalahan, Apakah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran koperatif tipe Teams Games Tournament lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar siswa tanpa Teams Games Tournament pada materi reaksi redoks di kelas X SMAN 1 Sawahlunto. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dibandingkan hasil belajar siswa tanpa Teams Games Tournament pada materi redoks di Kelas X SMAN 1 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Sawahlunto tahun ajaran 2011/2012. Sampel penelitian diambil secara acak dengan teknik Random Sampling dan terpilih kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament memperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 82,5 dan kelas kontrol tanpa penerapan Teams Games Tournament nilai 72,95. Setelah dilakukan uji-t pada taraf nyata 0,05 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 42 diperoleh thitung sebesar 2,36 sedangkan ttabel sebesar 1,68. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada materi reaksi redoks.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif, teams games tournament, redoks, siswa kelas X |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:27 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21777 |