Amarta, Yoga (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual pada Materi Sistem Koloid di SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YOGA_AMARTA_1101465_4504_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_YOGA_AMARTA_1101465_4504_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YOGA_AMARTA_1101465_4504_2015.pdf
Download (835kB)
Abstract
Strategi pembelajaran kontekstual merupakan suatu strategi pembelajaranyang dapat membantu siswa untuk membangun dan memahami konsep sertamengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual terhadaphasil belajar siswa pada materi sistem koloid di SMA Negeri 1 Lubuk Alung.Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian eksperimen semu (quasiexperiment research) dengan rancangan penelitian model Randomized ControlGroupPosttestOnlyDesign.PopulasipenelitianiniadalahkelasXIMIASMAN1Lubuk Alung tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan adalah Cluster Sampling dimana Kelas XI MIA 6 sebagai kelaseksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Data penelitian inimerupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranahkognitif yang diperoleh dari nilai tes akhir. Hasil belajar kelas eksperimen yangmenerapkan strategi pembelajaran kontekstual memperoleh nilai rata-rata 70,26sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran tanpa menggunakan strategipembelajaran kontekstual memilki nilai rata-rata 64,23. Hasil uji normalitas danhomogenitas dari kedua kelas sampel menunjukkan bahwa kedua kelas sampelterdistribusi normal dan mempunyai varian yang tidak homogen sehingga untukmenguji hipotesis dilakukan uji t’. Setelah dilakukan uji-t’ diperoleh nilai t’sebesar 2,66. Kriteria pengujian adalah jika nilai t’ > 2,04. Hal ini berarti t’> 2,04,maka hipotesis penelitian diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategipembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajarsiswa setelah menerapkan strategi pembelajaran kontekstual lebih tinggi secarasignifikan daripada hasil belajar tanpa strategi pembelajaran kontekstual padamateri sistem koloid di SMA Negeri 1 Lubuk Alung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar Kimia |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:27 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21772 |