Fadila, Anisa (2019) Proses Penanganan Laundry Tamu Sistim Coin di Hotel Holiday Inn Express Jakarta International Expo. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ANISA_FADILA_17215003_2670_2019.pdf.pdf [thumbnail of B1_4_ANISA_FADILA_17215003_2670_2019.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ANISA_FADILA_17215003_2670_2019.pdf.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penulisan proyek akhir ini berawal dari pengamatan penulis terhadap proses penanganan laundry tamu sistim coin di Hotel Holiday Inn Express Jakarta International Expo yang masih kurang baik. Penulis menemukan masalah terkait proses penanganan laundry tamu sistim coin di Hotel Holiday Inn Express Jakarta International Expo. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanganan laundry tamu sistim coin di Hotel Holiday Inn Express Jakarta International Expo. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif-kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 10 Februari 2019 sampai 15 Februari 2019 di Hotel Holiday Inn Express Jakarta International Expo Yang beralamat di arena pekan raya kemayoran pintu 6 Jakarta Pusat. Sumber data diperoleh dari 1 orang houskeeping supervisor dan 3 orang petugas laundry. Data yang diperoleh secara langsung maupun tidak langsung di analisis secara deskriptif-kualitatif dengan melihat kaitan data yang diperoleh dengan teori yang ada. Hasil penulisan proyek akhir ini menunjukkan bahwa secara umum proses penanganan laundry tamu sistim coin di hotel holiday inn express jakarta international expo adalah (1) Tamu disambut baik dan mengucapkan salam “selamat pagi selamat datang di laundry express sistim coin”(2) Tamu diarahkan ke counter front office untuk pembeliancoin,detergent,dan softerner (3) Tamu mendapatkan 2 coin setiap satu kali layanan (4) Tamu memasukkan kain kedalam mesin cuci (5) Coin pertama untuk proses pencucian kain, coin ini dimasukkan kedalam slot coin di mesin cuci, proses pencucian dimulai dengan menekan tombol washing. (6) Selanjutnya penggunaan coin ke dua, dengan cara memasukkan coin kedua di slot coin dan menekan tombol Dryer. (7) Setelah pengeringan selesai, layanan mesin laundrycoin selesai. (8) layanan strika bisa diperoleh tamu dengan cara menyetrika sendiri tanpa tambahan biaya. 2 (dua) dari 3 (tiga) petugas laundry belum melakukan greeting dengan baik dan benar kadang dilakukan dan kadang tidak, semua petugas laundry sudah mengarahkan tamu ke frontoffice untuk pembelian coin,detergent,dan softener, 2 (dua) dari 3 (tiga) petugas laundry belum menjelaskam kepada tamu berapa jumlah maksimal pakaian yang harus di masukkan kedalam mesin cuci, 1 (satu) dari 3 (tiga) petugas laundry tidak menjelaskan cara pengunaan coin.petugas laundry tidak menawarkan kepada tamu fasilitas tambahan layanan strika.
Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LAUNDRY TAMU,SISTIM COIN |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:26 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2175 |