Ofriyanti, Alisa (2019) PenangananKamar VIP oleh Room Attandent di Holiday Inn Express Jakarta Internasional Expo. Diploma/Proyek Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_ALISA_OFRIYANTI_17215002_2697_2019.pdf.pdf [thumbnail of B1_4_ALISA_OFRIYANTI_17215002_2697_2019.pdf.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_ALISA_OFRIYANTI_17215002_2697_2019.pdf.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap prosedur roomboy atau room maid yang masih kurang baik. Karena masih terdapatnya prosedur yang tidak dikerjakan oleh roomboy atau roommaid. Prosedur penanganan kamar VIP dapat dilihatdari berbagai literature bacaan. Prosedur penanganan kamar VIP dimulai dari mengecek expected arrival list VIP dari front office terlebihdahulu, pembersihandanpenataankamar yang di pesan, melengkapi kebutuhan VIP untuk area bedroom, melengkapi kebutuhan VIP untuk area bathroom, melengkapi kebutuhan VIP untuk area living room, melengkapi kebutuhan VIP untuk area dining room. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penanganan kamar VIP oleh room attendent di Holiday Inn Express Jakarta Internasional Expo. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif kualitatif dan data sekunder. Jenis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primerdan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawacara dan observasi pada tanggal 22 Maretsampai 15 april 2019 dihousekeeping departement di Holiday Inn Express Jakarta Internasional Expo yang beralamatkan jalan Arena Pekan Raya Pintu 6, Kemayoran, Jakarta Pusat. Sumber data diambil dari supervisor housekeeping, dan roomboy atau roommaiddi Holiday Inn Express Jakarta Internasional Expo. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil penulisan proyek akhir ini menunjukkan bahwa secara umum penanganan kamar VIP oleh roomboy/roommaid di housekeeping department tadalah 1) roomboy mengecek expected arrival list VIP tidak sesuai dengan prosedur hotel. 2) roomboy melakukan prosedur pengerjaan dan penataan kamar yang di pesan sudah sesuai dengan prosedur yang ada di hotel .3)roomboy melengkapi kebutuhan VIP untuk area bedroom tidak sesuai dengan prosedur yang ada di hotel. 4) roomboy melengkapi kebutuhan VIP untuk area bathroom tidak sesuai dengan prosedur yang ada di hotel. 5) roomboy melengkapi kebutuhan VIP untuk area living room tidak sesuaidengan prosedur yang ada di hotel. 6) roomboy melengkapi kebutuhan VIP untuk area dining room sudah sesuai dengan prosedur yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma/Proyek Akhir) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pariwisata dan Perhotelan |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 06:26 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 06:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/2172 |