Edwar, Maulani (2013) Pengaruh Persepsi Dukungan Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Divisi Customer Service di PT. Telkom Area Padang Sumatera Bara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_MAULANI_EDWAR_00494_6652_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_MAULANI_EDWAR_00494_6652_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_MAULANI_EDWAR_00494_6652_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Divisi Customer Service di PT. Telkom Area Padang Sumatera Barat, (2) Pengaruh budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Divisi Customer Service di PT. Telkom Area Padang Sumatera Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan karyawan Divisi Customer Service di PT. Telkom Area Padang Sumatera Barat yang berjumlah 135 orang. Sedangkan sampelnya diambil dengan menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 100 orang responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster proportional sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan memakai program SPSS versi 17.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi dukungan organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Divisi Customer Service di PT. Telkom Area Padang Sumatera Barat (2) tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior Karyawan Divisi Customer Service di PT. Telkom Area Padang Sumatera Barat. Organizational Citizenship Behavior dapat ditingkatkan dengan cara lebih memperhatikan pekerjaan karyawan, mendengarkan keluhan dan membantu karyawan dalam meningkatkan keterampilan, menjaga stabilitas tim kerja, mengharapkan karyawan berjiwa kompetitif serta bekerja dengan berorientasi pada hasil.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Dukungan Organisasi, Budaya Organisasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB), Karyawan, Customer Service, PT Telkom, Padang. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21719 |