Amelin, Nini (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NINI_AMELIN_17016033_2601_2021.pdf [thumbnail of B1_01_NINI_AMELIN_17016033_2601_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NINI_AMELIN_17016033_2601_2021.pdf
Download (9MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah
Padang sebelum menggunakan model pembelajaran talking stick. Kedua,
mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD
Islam Khaira Ummah Padang sesudah menggunakan model pembelajaran talking
stick. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model talking stick terhadap
keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah
Padang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.
Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest and Posttest Design. Populasi
dalam penelitian adalah siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang yang
terdaftar tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 129 siswa. Sampel dalam penelitian
ini sebanyak 25 orang siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling.
Variabel penelitian ini, yaitu keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III
SD Islam Khaira Ummah Padang sebelum menggunakan model pembelajaran
talking stick dan keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan
model pembelajaran talking stick. Data penelitian adalah skor tes keterampilan
membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang sebelum
dan sesudah menggunakan model pembelajaran talking stick. Data analisis dengan
rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini
adalah tes objektif, yaitu tes keterampilan membaca pemahaman.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman
sebelum menggunakan model pembelajaran talking stick siswa kelas III SD Islam
Khaira Ummah Padang berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan ratarata
50,79. Kedua, keterampilan membaca pemahaman sesudah menggunakan
model pembelajaran talking stick siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang
berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 81,00. Ketiga, berdasarkan uji-t,
hipotesis kerja ) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk)
= (n-1) karena > , yaitu (30,21>1,71). Jadi, dapat dikatakan bahwa
diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh model pembelajaran talking stick
terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira
Ummah Padang.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
talking stick dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas III SD Islam Khaira Ummah Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Ridha Prima Adri S.Sos |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 04:23 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 04:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21718 |