Anggraini, Dian (2011) Komparasi Hasil Belajar Metode Cooperative Learning dengan Quantum Learning pada Mata Pelajaran Aplikasi Komputer bagi Siswa XEI SMK Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DIAN_ANGGRAINI_94298_2011.pdf [thumbnail of final_B1_6_DIAN_ANGGRAINI_94298_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DIAN_ANGGRAINI_94298_2011.pdf
Download (353kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di SMK Semen Padang masih ada siswa kelas XEI yang memperoleh hasil belajar dibawah standar kriteria minimum pada Mata Pelajaran Aplikasi Komputer yang ditetapkan sekolah yaitu 70 dengan rentang 0-100. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitiaan ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar Aplikasi Komputer Pokok Bahasan CorelDraw yang pembelajarannya menggunakan metode Cooperative Learning dan Quantum Learning pada siswa kelas XEI semester genap SMK Semen Padang TP. 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kausal Komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XEI. Pengambilan sampel dilakukan teknik nonprobability sampling dengan sampling purposive, pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas sampel I yang diberi perlakuan metode Quantum Learning dan yang menjadi kelas sampel II yang diberi perlakuan metode Cooperative Learning. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis tahap akhir dibagi menjadi 3 tahap, analisis aspek kognitif, aspek efektif, dan aspek psikomotor. Pada aspek kognitif diperoleh rata-rata hasil belajar Quantum Learning 80,26, sedangkan kelas Cooperative Learning 75,7. Hasil analisis diperoleh thitung sebesar 2,13 > ttabel 2,101 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar aspek kognitif antara kelas Quantum Learning dan Cooperatif Learning. Analisis aspek afektif diperoleh dengan uji Mann Whitney U-Test diperoleh Uhitung = 89, sedangkan nilai Utabel = 105. Kriteria pengujian U-test diterima Ho adalah Uhitung > Utabel dan harga Uhitung < Utabel (89 > 105) berarti Ho ditolak. Sedangkan pada psikomotor diperoleh nilai Uhitung = 83,5 sedangkan pada Utabel = 105, kriteria pengujian U-Test diterima Ho Uhitung > Utabel dan Uhitung < Utabel (83,5 > 105). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Aplikasi Komputer pokok bahasan CorelDraw dengan menggunakan metode Quantum Learning dan Cooperative Learning pada kelas XEI SMK Semen Padang TP. 2010/2011 dan metode Quantum Learning memberikan hasil lebih baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perbandingan metode cooperative learning, penerapan quantum learning, hasil belajar aplikasi komputer |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 09:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 09:38 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21661 |