Malasary, Diah (2011) Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Semen Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DIAH_MALASARY_94297_2011.pdf [thumbnail of final_B1_6_DIAH_MALASARY_94297_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DIAH_MALASARY_94297_2011.pdf
Download (409kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan di lapangan yaitu di SMK Semen Padang masih ada siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar dibawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) yang ditetapkan sekolah yaitu 60 dengan rentang 0 – 100. Banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya adalah metode mengajar dan media pembelajaran yang kurang inovatif. Untuk itu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Mind Mapping (Peta Pikiran) khususnya pada siswa untuk mengingkatkan daya creative dan ingat siswa pada materi pelajaran yang diberikan guru di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, dimana populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Semen Padang Tp. 2010/2011. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan berstrata proposional (Proportionate stratified random sampling) setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi dengan bantuan software SPSS 17. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberlakukan pembelajaran menggunakan media FreeMind dan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan media Microsoft Word. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 24 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software SPSS 17 untuk uji homogenitas dan normalitas, sedangkan uji hipotesis juga menggunakan software SPSS. Dari hasil tes penelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan media pembelajaran FreeMind yaitu 68, sementara siswa yang menggunakan media Microsoft Word lebih rendah yaitu 63,13. Hasil hipotesis dengan menggunakan software SPSS didapati bahwa berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung 1,768 > ttabel (1,690). Dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan sebesar 0,05 %, sehingga dapat disimpulkan pembelajaran menggunakan media FreeMind dapat meningkatkan hasil belajar siswa daripada pembelajaran media Microsoft Word.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran dengan media mind mapping, hasil belajar keterampilan komputer dan pengelolaan informasi, perbandingan media FreeMind dan Microsoft Word |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21656 |